Entri Populer

Minggu, 13 Februari 2011

SEJARAH PERKEMBANGAN PSIKOLOGI

Oleh:  Elih suminar
Jiwa manusia sejak zaman Yunani telah menjadi topik pembahasan para filosof,namun psikologi sebagai ilmu yang berdiri sendiri baru di mulai pada tahun 1987 ketika Wilhelm wundt (1832-1920) mendirikan laboratorium psikologi pertama ddi kota Leipzig,besarnya sejarah psikologi dapat di bagi dalam dua tahap utama,yaitu masa sedbelum dan masa sesudah menjadi ilmu yang berdiri sendiri.
                 Sebelum tahun 1879,jiwa dipelajari oleh para ahli filsafat dan para ahli ilmu Fasal (Phisiologi), sehingga psikologi di anggap sebagai bagian dari kedua ilmu tersebut.Para ahli ilmu filsafat kuno,seperti plato (427-347 SM),Aristoteles (384-322 SM) dan Socrates (469-399 SM),telah memikirkan hakikat jiwa dan gejala-gejalanya.Filsafat sebagai induk ilmu pengetahuan adalah ilmu yang mencari hakikat sesuatu dengan menciptakan pertanyaan dan jawaban secara terus- menerus sehingga mencapai pengertian yang hakiki teentang sesuatu.Pada waktu itu belum ada pembuktian-pembuktian empiris,melainkan berbagai teori dikemukakan berdasarkan argumentasi logika belaka.Psikologi benar-benarmasih merupakan bagian dari filsafat dalam arti semurni-murninya.
                Pada abad pertengahan,psikologi masih merupakan bagian dari filsafat sehingga objeknya  tetap hakikat jiwa dan metodenya masih menggunakan argumentasi logika.Tokoh-tokohnya antara lain:Rene Descartes (1596-1650) yang terkenal dengan teori tentang kesadaran,Gottfried Wilhelm Leibniz (1646-1716) yang mengutarakan teori kesejahteraan psikofhisik (psychophysical parallelism). Jhon Locke (1623-1704) dengan teori tabula rasa mengemukakan,bahwa jiwa anak yang baru lahir masih bersih seperti papan lilin atau kertas putih yang belum ditulisi.Pada masa sebelumnya masalah kejiwaan dibahas pula oleh para ulama Islam seperti Imam Al Gazali (wafat 505 h). Imam Fachrudin Ar-Raazi (wafat 606 H),Al Junaid Bagdadi (wafat 298 H),Al’Asyari (wafat 324 H).Pembahasan masalah psikologis merupakan bagian dari ilmu ushuludin dan ilmu tasawuf.
                Di samping para ahli filsafat yang menngunakan logika,para ahli ilmu faal juga menyelidiki gejala kejiwaan melalui exsperimen-exsperimen.Walaupun mereka menggunakan metode ilmiah (empiris),namun yang mereka selidiki terutama tentang urat syaraf pengindraan (sesoris), syaraf motoris(penggerak), pusat sensoris motoris di otak,serta hukum-hukum yang mengatur bekerjanya syaraf-syaraf tersebut.Dengan demikian,gejala kejiwaan yang mereka selidiki hanya merupakan bagian dari objek ilmu faal dengan metode yang lazim digunakannya.Diantara para tokohnya adalah: C.Bell (1774-1842), F.Magendie (1758-1855), J.P Muller (1801-1858), P.Broca (1824-1880) dan I.P.Pavlov (1849-1936).
                Masa sesudah psikologi menjadi ilmu yang berdiri sendiri merupakan masa di mana gejala kejiwaan dipelajari secara tersendiri dengan metode ilmiah, terlepas dari filsafat dan ilmu faal. Gejala kejiwaan dipelajari secara lebih sistematis dan objektif.Selain metode eksperimen digunakan pula metode introspeksi oleh W.Wundt. Gelar keserjanaan W.Wundt adalah bidang kedokteran dan hukum.Ia di kenal sebagai sosiolog dan filosof dan orang pertama yang mengaku dirinya sebagai  psikolog. Ia dianggap sebagai bapak psikologi.Sejak itu psikologi berkembang pesat dengan bertambahnya sarjana psikologi,penyusun teori-teori psikologi dan keragaman pemikiran-pemikiran baru.Psikologi mulai bercabang ke dalam berbagai aliran.(Buku psikologi umum,Drs.H.Ahmad Fauzi)
2.Pengertian Psikologi Menurut Para Ahli
1. Menurut Crow & Crow :
    Pschycology is the study of human behavior and human relationship. (Psikologi ialah tingkah laku manusia, yakni interaksi manusia dengan dunia sekitarnya, baik berupa manusia lain (human relationship) maupun bukan manusia: hewan, iklim, kebudayaan, dan sebagainya.
2. Menurut Sartain :
    Psychology is the scientific study of the behavior of living organism,with especial attention given to human behavior. (Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku organisme yang hidup, terutama tingkah laku manusia).
3. Menurut Bruno (1987) :
    Pengertian Psikologi dibagi dalam tiga bagian, yaitu: Pertama, psikologi adalah studi (penyelidikan) mengenai “ruh”. Kedua, psikologi adalah ilmu pengetahuan mengenai “kehidup mental”. Ketiga, psikologi adalah ilmu pengetahuan mengenai “tingkah laku” organisme.
4. Menurut Chaplin (1972) dalam Dictionary of psychology
    Psikologi ialah ilmu pengetahuan mengenai perilaku manusia dan hewan.
5.Ensiklopedia Pendidikan, Poerbakawatja dan Harahap (1981)
    Psikologi sebagai cabang ilmu pengetahuan yang mengadakan penyelidikan atas gejala-gejala dan kegiatan – kegiatan jiwa.
6. Menurut Richard Mayer (1981) :
     Psikologi merupakan analisi mengenai proses mental dan struktur daya ingat untuk memahami perilaku manusia.
7.Menurut Dr.Singgih Digagunarsa
   Psikologi adalah ilmu yang memoelajari tinggkah laku manusia.
8.Plato dan Aristoteles,berpendapat bahwa:psikologi ialah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang hakikat jiwa prosesnya sampai akhir.
9.John Broadus Waston,memandang psikologi sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku tampak (lahiriah) dengan menggunakan metode observasi yang objektif terhadap rangsangan dan jawaban (respons).    
10.Wilhelm Wundt,tokoh psikologi eksperimental,berpendapat bahwa psikologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari pengalaman-pengalaman yang timbul dalam diri manusia,seperti penggunaan pancaindera,pikiran,perasaan (feeling) dan kehendak.
11.Woodworth dan Marquins
      Psikologi ialah:ilmu pengetahuan yang mempelajari aktivitas individu sejak masih dalam kandungan sampai meninggal dunia dalam hubungannya dengan alam sekitar.

12.Knight and Knight
      Pisikologi adalah ilmu yang mempelajari secara sistematis tentang pengalaman dan tingkah laku manusia dan hewan,normal dan ab-normal,individu atau social.
13.Hilgert
      Psikologi mempelajari tingkah laku manusia dan hewan lainnya.
14.Ruch
      Psikologo mempelajari tentang manusia,Definisi terlalu meluas,yang paling tepat psikologi merupakan bagian dari ilmu-ilmu biologi dan ilmu social,yang saling melengkapi   dan saling berhubungan.
15.Garden Murphy
      Psikologi adalah ilmu yang mempelajari respons yang diberikan oleh makhlik hidup dan lingkungannya.(Buku psikologi umum Drs.H.Ahmad Fauzi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar