Entri Populer

Selasa, 15 Februari 2011

Definisi, Sejarah, dan Tujuan Psikologi

Oleh: Muhammad Fajar Abdul Aziz

Psikologi adlah ilmu yang masih muda. Ia terpisah menjadi ilmu yang berdiri sendiri sejak 1879,yaitu pada waktu didirikannya laboratorium psikologi yang pertama oleh Wilhelm Windt (1832-1920) di Leipzig,Jerman. Sebagai bagian dari ilmu pengetahuan, psikologi melalui sebuah perjalanan panjang. Pandangan tentang manusia dapat ditelusuri jauh ke masa Yunani kuno. Dapat dikatakan bahwa sejarah psikologi sejalan dengan perkembangan intelektual di Eropa, dan mendapatkan bentuk pragmatisnya di benua Amerika.
Meskipun demikian,jauh sebelumnya yaitu sejak zaman Yunani kuno. Gejala-gejala psikologis sudah banyak menarik perhatian para sarjana. Ahli-ahli filsafat diantaranya Plato dan Aristoteles banyak sekali mengemukakan pikiran-pikiran mengenai gajala-gejala psikologi. Sehingga ilmu  psikologi lahir dari ilmu filsafat. Kemudian,Descartes (1596-1650) datng dengan semboyannya “COGITO ERGO SUM” (saya berfikir maka saya ada) dan sejak itu timbul liran yang mementingkan kesadarab dalam psikologi.
Sejak itu  berbagai macam ilmu lainnya member pengaruh terhadap pertumbuhan psikologi,antara lain: biologi,ilmu alam,dan ilmu kimia. Hal ini terjadi karena para ahli dari ilmu-ilmu itu juga mulai memperhatikan gajala-gajala psikologis.
Maka dari itu,meskipun pada saat ini psikologi tidak mempunyai hubungan yang sangat erat dengan ilmu-ilmu alam dan biologi,tetapi dahulu ilmu-ilmu itu ikut memberikan sumbangan bagi lahirnya psikologi sebagai ilmu yang berdiri sendiri.


Pengertian Psikologi
Definisi Psikologi
Menurut  asal katanya,psikoogi berasal dari kata Yunani Psyhce yang berate jiwa dan logos  yang berarti ilmu. Jadi secara harfiah psikologi berarti ilmu jiwa.
Akan tetapi arti dari “ilmu jiwa” jelas,tidak ada seorang pun yang tahu dengan sesungguhnya apa itu “jiwa”? karena ketidakpastian ari itu,menyebabkan perbedaan pendapat mengenai definisi psikologi. Sehingga psikologi lebih  memiliki arti “ilmu prilaku”
Beberapa ahli berpendapat mengenai pengertian psikologi antara lain:
“Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dan hewan”
“Psikologi adalah studi tentang hakikat manusia”
“Psikologi adalah ilmu yang mempelajari respon yang diberikan oleh makhluk hidup terhadap lingkungannya”

Dari definisi-definisi diatas nampak perbedaan-perbedaan pengertian dari psikologi. Tetapi pada hakikatnya mempunya beberapa persamaan yang dapat diartikan menjadi satu definisi yang mencakup kesekuruhan definisi diatas
“Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia   dengan hubungan dengan lingkungannya”
Unsur-unsur yang terdapat dari definisi tersebut yang sangat berkaitan erat dengan psikologi antara lain:
Tujuan Psikologi  
Tujuan ddari pikologi adalah untuk mengukur dan mengetahui taraf kacerdasan,arah minat,sikap,struktur kepribadian dan lain-lain dari seseorang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar